Sign In

Blog

Latest News
Nasi Liwet Solo, Jawa Tengah: Tradisi Kuliner yang Tetap Diminati

Nasi Liwet Solo, Jawa Tengah: Tradisi Kuliner yang Tetap Diminati

Nasi Liwet Solo, Jawa Tengah: Tradisi Kuliner yang Tetap Diminati

Nasi Liwet Solo: Kuliner Nusantara yang Tetap Menggoda

Ketika menyinggung kuliner nusantara, tidak lengkap rasanya jika melewatkan Nasi Liwet Solo, hidangan khas dari Kota Bengawan yang hingga kini masih menjadi buruan para pencinta kuliner.

Tradisi yang Tak Lekang oleh Waktu

Nasi Liwet Solo pertama kali muncul pada abad ke-17 di lingkungan keraton Surakarta. Kala itu, nasi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah beserta lauk-pauk ini kerap disajikan pada acara-acara penting kerajaan.

Lambat laun, Nasi Liwet Solo menyebar ke masyarakat luas dan menjadi makanan sehari-hari. Biasanya, nasi ini dihidangkan bersama lauk pendamping seperti ayam kampung, telur pindang, serundeng, dan sambal goreng ati.

Rahasia Kelezatan

Keunikan Nasi Liwet Solo terletak pada cara memasaknya. Beras dimasak menggunakan santan dan bumbu rempah yang kaya, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, dan lengkuas. Proses memasaknya pun cukup lama, hingga nasi matang dan menyerap seluruh bumbu.

Hasilnya, terciptalah nasi yang gurih, beraroma harum, dan memiliki tekstur yang sedikit lengket. Ketika disantap bersama lauk-pauknya, perpaduan rasa menjadi kian nikmat dan memanjakan lidah.

Menyantap Nasi Liwet Solo

Nasi Liwet Solo umumnya disajikan di atas daun pisang. Cara menyantapnya pun berbeda dengan nasi biasa. Biasanya, nasi diletakkan di atas selembar daun pisang yang telah dibentuk menjadi wadah. Lauk-pauk diletakkan di sampingnya, dan tangan digunakan untuk mengambil nasi dan lauk.

Penggunaan tangan tanpa sendok dan garpu dipercaya dapat menambah cita rasa dan kehangatan Nasi Liwet Solo. Tradisi ini juga menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman kuliner yang autentik.

Mengunjungi Warung Nasi Liwet Solo

Bagi Anda yang penasaran dengan kelezatan Nasi Liwet Solo, terdapat banyak warung makan yang menyajikan hidangan ini di Solo dan sekitarnya. Salah satu yang terkenal adalah Warung Nasi Liwet Bu Sri yang berlokasi di Jalan Dr. Radjiman Wedyodiningrat Nomor 36.

Di warung ini, Anda akan disuguhkan Nasi Liwet Solo dengan lauk lengkap dengan harga yang terjangkau. Rasanya yang autentik dan suasana yang hangat akan membuat Anda merasa seperti sedang berkunjung ke rumah sendiri.

Kesimpulan

Nasi Liwet Solo merupakan kuliner nusantara yang tetap diminati hingga kini. Kelezatannya yang khas dan tradisi menyantapnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta kuliner. Jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan istimewa ini. Anda dijamin akan jatuh cinta dengan cita rasanya yang menggoyang lidah!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *