Sign In

Blog

Latest News

Jejak Sejarah di Museum Prambanan, Sleman

Jejak Sejarah di Museum Prambanan, Sleman

Jejak Sejarah Indonesia di Museum Prambanan, Sleman: Ulasan Menarik

Bagi penikmat wisata sejarah, Museum Prambanan di Sleman, Yogyakarta, merupakan destinasi wajib untuk dikunjungi. Museum ini menyimpan koleksi artefak dan peninggalan bersejarah yang penting, yang akan membawa kita menyusuri jejak masa lalu Indonesia secara menakjubkan.

Koleksi yang Mengagumkan

Museum Prambanan memamerkan beragam koleksi yang dikategorikan ke dalam beberapa bagian:

  • Arkeologi: Memajang arca-arca Hindu-Buddha yang pernah menghiasi Candi Prambanan dan candi-candi sekitarnya.
  • Seni Rupa: Menampilkan koleksi seni rupa tradisional Jawa, seperti wayang kulit dan batik.
  • Etnografi: Menyimpan berbagai benda budaya dari masyarakat Jawa dan daerah-daerah lain di Indonesia.
  • Filologi: Menampilkan manuskrip-manuskrip kuno dan prasasti yang berisi catatan sejarah penting.

Bangunan Bersejarah yang Indah

Museum Prambanan bukan hanya menyimpan koleksi berharga, tetapi juga bertempat di sebuah bangunan bersejarah yang indah. Bangunan ini merupakan bekas rumah tinggal Gunawan Wiradi, seorang arkeolog yang banyak berkontribusi dalam penelitian Candi Prambanan. Arsitekturnya bergaya Jawa klasik yang elegan, menjadikannya objek wisata Instagramable.

Wisata Edukasi yang Menyenangkan

Selain mengagumi koleksi museum, pengunjung juga dapat menikmati wisata edukasi yang menyenangkan. Tersedia pemandu yang akan menjelaskan secara detail mengenai artefak-artefak yang dipamerkan. Museum ini juga sering mengadakan lokakarya dan seminar tentang sejarah dan budaya Indonesia.

Lokasi dan Akses yang Mudah

Museum Prambanan berlokasi di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Klaten, Sleman. Aksesnya sangat mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dari Yogyakarta, pengunjung dapat naik bus jurusan Jogja-Klaten dan turun di halte Museum Prambanan.

Harga Tiket yang Terjangkau

Harga tiket masuk Museum Prambanan sangat terjangkau, yaitu hanya Rp5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp15.000 untuk wisatawan asing. Dengan harga semurah itu, pengunjung dapat menikmati wisata sejarah yang berkesan dan menambah wawasan tentang masa lalu Indonesia.

Kesimpulan

Museum Prambanan di Sleman merupakan destinasi wisata recommended bagi siapa pun yang ingin menjelajahi jejak sejarah Indonesia. Koleksinya yang mengagumkan, bangunan bersejarah yang indah, dan wisata edukasi yang menyenangkan menjadikannya pilihan yang tepat untuk liburan yang bermakna. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke museum yang menjadi saksi bisu masa lalu negeri kita ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *