Sign In

Blog

Latest News
Jejak Sejarah di Candi Sojiwan, Klaten, Jawa Tengah

Jejak Sejarah di Candi Sojiwan, Klaten, Jawa Tengah

Jejak Sejarah di Candi Sojiwan, Klaten, Jawa Tengah

Jejak Sejarah di Candi Sojiwan, Klaten, Jawa Tengah: Pesona Sejarah yang Mempesona

Di antara deretan candi-candi megah di Jawa Tengah, Candi Sojiwan mungkin kurang dikenal. Namun, jangan salah, candi ini menyimpan jejak sejarah yang tak kalah menarik. Terletak di desa Sojiwan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Candi Sojiwan menawarkan pesona sejarah dan budaya yang wajib untuk dieksplorasi.

Sekilas Tentang Candi Sojiwan

Candi Sojiwan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi, semasa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dipersembahkan untuk Dewi Tara, yaitu Dewi Penyelamat dalam agama Buddha. Candi Sojiwan memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai bunga teratai yang sedang mekar. Candi ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:

  1. Bagian Utama Candi

Bagian utama candi berbentuk persegi empat, dengan pintu masuk yang berada di sisi barat. Di dalam candi terdapat sebuah ruang utama yang cukup luas. Ruang utama ini digunakan untuk menyimpan arca Dewi Tara dan beberapa arca lainnya.

  1. Lorong-lorong

Di sekitar bagian utama candi terdapat lorong-lorong yang mengelilingi candi. Lorong-lorong ini dihiasi dengan berbagai relief yang menggambarkan kisah kehidupan Buddha dan Bodhisattwa.

  1. Stupa

Di puncak candi terdapat sebuah stupa yang cukup besar. Stupa ini merupakan simbol dari alam semesta.

Daya Tarik Candi Sojiwan

Candi Sojiwan memiliki beberapa daya tarik yang membuatnya wajib untuk dikunjungi, antara lain:

  • Keindahan Arsitektur

Candi Sojiwan memiliki arsitektur yang sangat indah. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu putih yang dipahat dengan sangat halus. Relief-relief yang menghiasi candi juga sangat indah dan detail.

  • Jejak Sejarah

Candi Sojiwan merupakan salah satu candi tertua di Jawa Tengah. Candi ini menyimpan jejak sejarah yang sangat penting. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi, semasa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno.

  • Wisata Religi

Bagi umat Buddha, Candi Sojiwan merupakan salah satu tempat wisata religi yang penting. Candi ini dipersembahkan untuk Dewi Tara, yaitu Dewi Penyelamat dalam agama Buddha. Umat Buddha sering datang ke Candi Sojiwan untuk berdoa dan memohon keselamatan.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Candi Sojiwan

Selain untuk wisata sejarah dan religi, Candi Sojiwan juga menawarkan beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Menikmati Keindahan Candi

Anda bisa berjalan-jalan di sekitar candi dan menikmati keindahan arsitekturnya. Candi Sojiwan memiliki arsitektur yang sangat indah, dengan relief-relief yang sangat detail.

  • Menyaksikan Pentas Tari

Di Candi Sojiwan sering diadakan pentas tari tradisional. Pentas tari ini biasanya diadakan pada hari-hari tertentu, seperti pada saat hari raya atau saat ada acara-acara khusus.

  • Belanja oleh-oleh

Di sekitar Candi Sojiwan terdapat beberapa toko yang menjual oleh-oleh khas Klaten. Anda bisa membeli oleh-oleh seperti batik Klaten, kerajinan tangan, dan makanan khas Klaten.

Akses dan Lokasi Candi Sojiwan

Candi Sojiwan terletak di desa Sojiwan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini berjarak sekitar 10 kilometer dari kota Klaten. Untuk mencapai Candi Sojiwan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalur berikut:

  • Dari kota Klaten, ambil jalan menuju ke Prambanan.
  • Setelah sampai di Prambanan, belok kanan ke arah Candi Sojiwan.
  • Candi Sojiwan berada di sebelah kiri jalan.

Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus atau kereta api.

  • Dari kota Klaten, Anda bisa naik bus jurusan Klaten-Prambanan.
  • Setelah sampai di Prambanan, Anda bisa naik becak atau ojek menuju Candi Sojiwan.

Harga Tiket Masuk Candi Sojiwan

Harga tiket masuk Candi Sojiwan sangat terjangkau. Untuk wisatawan domestik, harga tiket masuknya Rp 5.000. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiket masuknya Rp 10.000.

Jam Buka Candi Sojiwan

Candi Sojiwan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tips Berkunjung ke Candi Sojiwan

  • Sebaiknya Anda datang ke Candi Sojiwan pada pagi atau sore hari. Pada saat itu, cuaca tidak terlalu panas dan Anda bisa menikmati keindahan candi dengan lebih nyaman.
  • Gunakan pakaian yang sopan saat berkunjung ke Candi Sojiwan. Candi ini merupakan tempat wisata religi, jadi sebaiknya Anda menghormati adat dan budaya setempat.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah Anda di Candi Sojiwan.

Candi Sojiwan merupakan salah satu candi tertua di Jawa Tengah yang menyimpan jejak sejarah yang sangat penting. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan relief-relief yang sangat detail. Candi Sojiwan wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin menjelajahi kekayaan sejarah dan budaya Indonesia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *